Rabu, 19 September 2012

10 trik jitu mendidik anak disiplin belajar (seri 2)

  •      Letakkan alat tulis di tempat yang mudah terjangkau  
Ketika anak sudah siap belajar. Iklim belajar sudah ada, meja belajar sudah tersedia tinggal memotivasi sedikit maka si anak akan dengan senang hati belajar. Jangan sampai ketika mood anak sudah muncul untuk belajar dia kebingungan mencari pensil atau penghapusnya. Lebih kacau lagi kalau ternyata alat tulisnya nggak ketemu. Harus beli, warungnya jauh segala macam. Repot! Semangat anak untuk belajar akan bisa luntur dan kegiatan belajar jadi batal. 
  •   Cegah dan hati-hati ketika anak mulai suka melamun
Kalau anda mempunyai anak yang suka melamun ketika beraktivitas. Maka anda harus segera mengingatkannya. Apalagi ketika belajar terus anak melamun bisa dipastikan konsentrasinya akan hilang.     

  •      Berikan waktu untuk tidur yang cukup 
Ada siswa yang datang terlambat pagi-pagi. Saya tanya, jam berapa tidur? Dia menjawab, jam setengah satu! Anak SD masa aktif belajar, bukan sedang liburan, tidur jam setengah satu?! Bagaimana dia akan bisa memproses kegiatan pembelajarannya di sekolah? Beri waktu tidur yang cukup pada anak. Idealnya jam 9 malam anak usia SD sudah harus tidur. Apalagi yang sekolah di fullday school. Ada beberapa sekolah bagus yang memperhatikan jam tidur anak ini lalu  menerapkan peraturan jam tidur siang di sekolah. 
  •            Beri makan yang sehat 
Makanan yang sehat pastinya berkorelasi dengan aktivitas anak. Sediakan pola makan dan struktur gizi yang seimbang untuk anak.
  •           Ajak berolahraga secara rutin
Ajak anak berolahraga secara teratur. Yang ringan-ringan saja. Ajari dan kenalkan dunia olahraga fisik sejak dini. Berenang, berkuda atau permainan ketangkasan seperti memanah sebagaimana Rasulullah SAW ajarkan kepada kita. 
     
D    Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Kalau mau membaca cara mendidik anak dalam hal makan a la Rasul bisa dilihat di ajari anak cara makan. Ada yang mau menambahi tips-tips diatas tadi? Silahkan...GRATIS!:D

2 komentar:

  1. How wonderful article it is.. Keep moving sir...!!!

    BalasHapus
  2. Trik-trik di atas bagus sekali, dapat menambah pengetahuan kami dalam mendidik peserta didik kami, juga dapat menjadikan bahan dalam membuat RPP SD Kurikulum 2013. Terima kasih ilmunya

    BalasHapus