Selasa, 18 September 2012

10 trik jitu mendidik anak disiplin belajar

mendidik anak

Mendidik anak ada yang  menganggap suatu seni.  Terutama masalah mendidik anak tentang kedisiplinan. Seringkali saya menemui anak yang mempunyai sedikit masalah soal kedisiplinan. Mulai dari hal yang sepele sampai semaradona eh…maaf maksud saya dari persoalan kecil misalkan sering terlambat masuk kelas, lupa bawa buku sampai yang agak merepotkan misalkan selalu menaruh sembarangan alat tulisnya, jadi berapapun pensil yang dia punya pasti hilang. Habis beli yang baru, hilang. Beli yang  baru lagi,hilang lagi dan berjalan hampir satu semester penuh!

Nah berikut ada beberapa tips untuk mendidik anak supaya lebih disiplin dalam belajar :
1.      
  •  Konsisten pada tempat dan waktu untuk belajar.
Jika sudah masuk waktu belajar segeralah ajak anak belajar. Misalkan anak punya meja belajar sendiri di rumah. Begitu masuk waktu belajar dan si anak sudah duduk di kursinya maka tidak boleh mengerjakan kegiatan yang lain selain belajar. Ini mengenalkan anak pada disiplin waktu dan disiplin tempat. Waktunya belajar , belajar, waktunya main, main.
2.        
  • Segera suruh belajar jika anak sudah ada pada “tempatnya”
Yang ini hampir sama seperti nomor satu. Sediakan tempat khusus untuk anak yang dia inginkan sebagai ruang “kenyamanannya” untuk belajar. Dan jika sudah belajar tidak boleh ada gangguan. Jika ada temannya yang ngajak bermain atau tontonan televise yang dia suka jangan perbolehkan si anak teralihkan konsentrasinya sebelum tugasnya selesai. Boleh main, boleh nonto televise kalau tugas sudah selesai.
3.        
  • Ajarkan perencanaan belajar pada mereka. Beri target apa yang harus dikerjakan
Beri mereka target-target belajar yang tidak terlalu menekan.  Didik dan selalu bimbing mereka untuk menyelesaikan apa harus mereka selesaikan. Misalkan mengerjakan soal hitung-hitungan sepuluh soal atau membaca dua lembar buku cerita.
4.        
  • Pecah tugas-tugas besar menjadi beberapa bagian
Bagilah dalam beberapa bagian tugas yang terlalu besar. Misalkan  dapat PR matematika. Bantulah anak untuk mula-mula mengerjakan satu soal dulu. Ajari caranya dengan cara yang menghibur. Lalu dengan pelan ajak anak menyelesaikan soalny semua.
5.      
  •  Buat catatan prestasi
Buatlah catatan prestasi tentang apa yang sudah dilakukan anak. Anak akan sangat senang jika setiap kali dia belajar dan menyelesaikan tugas dia mendapat “bintang” yang ditempel di kamar atau di dinding. Dia akan termotivasi terus dan bisa diberi hadiah jika di kahir bulan bintangnya penuh misalkan seperti itu.

Masih bersambung InsyaAllah di artikel berikutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar