Kamis, 13 September 2012

Serdadu Kumbang : Film Pendidikan Anak Yang Membumi

film pendidikan anak

Sudah nonton film Serdadu Kumbang? Kalau belum kayaknya anda harus nonton. Film ini banyak diacungi jempol oleh sineas perfilman Indonesia  karena selain garapannya bagus dia juga menampilkan sisi keindahan pulau Sumbawa yang mengagumkan.
Film sejenis yang sudah sukses besar tentu semua sudah tahu : Laskar Pelangi.  Keduanya sama. Sama-sama bercerita tentang dunia pendidikan anak yang belum ideal di Indonesia. Di film Serdadau Kumbang ini tokohnya adalah Amek. Dia adalah anak SD yang hendak menempuh UN. Sekolah amek khawatir akan tingkat kelulusan siswa-siswanya karena melihat tahun yang dulu banyak anak-anak Indonesia tidak lulus UN. Kemudian sekolah Amek membuat peraturan baru untuk semua muridnya. Barangsiapa datang terlambat ke sekolah maka harus dihukum fisik: push up, sit up, lari dan segala macam. Harapannya dengan begitu semua anak akan terlatih dispilin dan bisa lulus UN semua.
Amek ini adalah seorang anak yang tinggal di puncak bukit. Dia tinggal bersama ibunya, Siti dan ayahnya, Zakaria. Dia juga punya kakak bernama Minun. Amek di sekolah sering dihukum oleh gurunya karena dianggap suka jahil dan kalau ditanya cita-cita tidak pernah mau menjawab. Dia juga introvert alias pendiam. Mungkin karena dia merasa secara fisik mempunyai keterbatasan  karena Amek bibirnya sumbing. Meskipun begitu dia sangat jago naik kuda yang merupakan kelebihannya.
 Dia punya kakak yang selalu mendorongnya agar bisa lulus UN. Minun kakak Amek ini adalah anak yang berprestasi. Seringkali memboyong hadiah-hadiah kejuaraan. Terutama kejuaraan matematika di kabupaten tempat dia tinggal. Walaupun pada akhirnya Minun harus meninggalkan Amek untuk selama-lamanya di film ini.
Bagi anda yang belum menonton film pendidikan anak ini segera saja tonton karena anda akan disuguhi film tentang pendidikan karakter yang apik dan juga pemandangan alam Sumbawa yang indah dan masih jarang tertampilkan di layar kaca.
Menurut anda adakah film pendidikan anak yang bagus selain Laskar Pelangi dan Serdadu Kumbang? Silahkan tulis komentar di bawah ya! J

0 komentar:

Posting Komentar