Senin, 02 April 2012

Mid semester sudah selesai! Bagaimana nilai ananda ya....?

Setelah berjibaku dengan soal-soal mid semester selama sepekan penuh dari tanggal 18-24 maret 2012. Kini saatnya anak-anak kelas 1 ali bin abi thalib menanti dan menunggu-nunggu hasil dari perjuangannya selama ini. Nah kira-kira seperti apa ya nanti hasil dari mid semester tadi? Apakah nilai-nilainya bagus?Ataukah sebaliknya....sangat bagus! he..he..
Apapun hasilnya hargailah setiap peluh yang menetes. Kita sebagai muslim dididik untuk selalu berikhtiar dan berusaha. Adapun hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT. Nah karena selama ini murid kelas Ali bin Abi Thalib sudah belajar dengan keras. Bahkan saya dengar dari beberapa orang tua kalau anaknya selama ini tidak pernah belajar ternyata ketika mau ada mid semester eh....dia belajar dengan rajin! Hmmmm, kok kayak saya dulu ya waktu sekolah...suka wayangan..! sistem belajar a la dalang wayang...atau SKS...sistem kebut semalam!he..he..Padahal itu tidak baik loh!
Ok kembali ke topik pembicaraan kita....tentang hasil belajar anak-anak. Memang hasil mid semester tidak bisa dijadikan tolok ukur kemampuan anak. Walaupun dalam beberapa hal kita bisa mengetahui sejauh mana materi selama satu semester ini bisa ditangkap oleh anak-anak lewat tes mid semester.
Ok supaya tidak penasaran bapak ibu wali murid kami berikan salinan data perolehan score anak-anak per mata pelajaran. Kalau berminat silahkan klik download. Datanya dalam format excel. Itu adalah nilai murni yang didapat dari hasil mid semester. Apapun hasilnya kita harus hergai hasil belajar mereka. kalau sudah bagus alhamdulillah kalau belum ya...tugas kita adalah memotivasi mereka agar lebih giat belajar.
 Lantas bagaimana dengan peringkat prestasi mereka disekolah?
Sebenarnya kita di Al Abidin tidak mengenal peringkat hasil belajar atau rangking. Karena memang tidak selayaknya anak dibanding-bandingkan dengan anak yang lain dalam hal prestasi belajar mereka dikelas.
Kita mengenal teori multiple intelligence (MI) atau kecerdasan majemuk. Teori MI mengatakan bahwa setiap anak itu unik dan cerdas. Hanya saja mereka punya kecerdasan yang berbeda-beda. Ada yang pintar matematika, bahasa, seni, olahraga dan banyak yang lainnya. Minimal ada 8 kecerdasan yang dikenalkan oleh DR. Gardner ilmuwan dari Harvard yang bersama timnya mencetuskan teori ini. InsyaAllah kita akan membahas teori ini lain kali. Kalau sekarang saya agak lupa...maaf...harus belajar dulu....:)
Namun karena orangtua berhak tahu juga dan penasaran tentang rangking anak mereka di kelas jadi sekarang saya akan bagikan data dalam format excel tentang ranking anak kelas 1 Ali bin Abi Thalib selama mid semester 2 ini. Ok silahkan klik di data rangking
Sekali lagi kami sampaikan kepada orang tua agar tidak.... sekali lagi....tidak memberitahukan data ini kepada ananda. Tujuan kami memberikan data ini hanya untuk memberitahu orang tua dan bukan untuk membanding-bandingkan si A dengan si B.
Bahkan kalau ananda mendapat peringkat bagus mohon terus didukung dan dimotivasi agar makin berprestasi. Dan kalau ananda masih belum mendapat peringkat yang bagus maka itu adalah kewajiban kita untuk mendampingi ananda dalam belajar sembari mengeksplorasi kecerdasan apa yang menonjol dari dia.
Oke begitu saja sementara. Selamat liburan saja untuk semua anak kelas Ali bin Abi Thalib. Jangan lupa sholatnya ya! Liburan boleh tapi sholat dan belajarnya nggak boleh libur ya! hehe.  

0 komentar:

Posting Komentar