Minggu, 22 April 2012

Pastikan makanan kita halal yuk!

makanan haram.
Hati-hati dengan makanan yang kita makan. Sekali kita makan sesuatu yang tidak halal makan akibatnya bisa panjang. Melebihi batas waktu dunia ini. Banyak sekali kita dapatkan orang memakan sesuatu yang bukan haknya di masa kini. Padahal jika kita menilik lebih jauh akibat dari makan sesuatu yang tidak halal kita akan berpikir 1000 kali untuk melakukannya. Apa saja akibat makan sesuatu yang haram?

  • Doanya tidak akan dikabulkan   
Seseorang yang suka makan yang haram maka dia akan sukar dikabulkan doanya.  Padahal doa adalah senjata orang muslim. Kita selalu butuh doa kepada Allah SWT. Dan Allah cinta kepada hambanya yang mau berdoa kepadanya. Jadi ketika hamba suka berdoa dan Tuhannya suka pada hamba yang berdoa hasilnya adalah DIKABULKAN! Allah sangat dekat dengan hambanya, bahkan lebih dekat daripada urat lehernya sendiri. Allah juga suka pada hamba yang mau berdoa dan Allah menjamin akan mengabulkan doa hamba selama dia tidak tergesa-gesa.



وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ

"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya." (QS. Qaf[51]: 16)



وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُواْ لِي وَلْيُؤْمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi-Ku, dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah[2]: 186).
 
Adakah manusia di bawah kolong langit ini yang tak suka doanya dikabulkan? Atau adakah makhluk bumi yang tidak pernah berdoa? Jawabnya  TIDAK ADA! Tapi banyak diantara kita yang tidak mau tahu halal haram makanan kita. Mari kita cermati dalil  tentang bahaya makanan haram pada doa kita.


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ اللهَ تَعَالَى طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِيْنَ فَقَالَ تَعَالَى : ,يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحاً – وَقاَلَ تَعَالَى : , يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ – ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ ياَ رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِّيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ . [رواه مسلم]

Dari Abu Hurairoh rodhiallohu ‘anhu, ia berkata: “Rosululloh sholallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “Sesungguhnya Alloh itu baik, tidak mau menerima sesuatu kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Alloh telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin (seperti) apa yang telah diperintahkan kepada para rosul, Alloh berfirman, “Wahai para Rosul makanlah dari segala sesuatu yang baik dan kerjakanlah amal sholih” (QS Al Mukminun: 51). Dan Dia berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari apa-apa yang baik yang telah Kami berikan kepadamu” (QS Al Baqoroh: 172). Kemudian beliau menceritakan kisah seorang laki-laki yang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut dan berdebu. Dia menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya berdoa: ”Wahai Robbku, wahai Robbku”, sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan (perutnya) dikenyangkan dengan makanan haram, maka bagaimana mungkin orang seperti ini dikabulkan do’anya.” (HR. Muslim).(Dikeluarkan oleh Muslim dalam az-Zakaah no.1015, at-Tirmidzi dalam Tafsirul Qur’an no.2989,Ahmad dalam Baaqi Musnad al-Muktsriin no.1838, ad-Darimi dalam ar-Riqaaq no. 2717)

Ada yang bertanya kepada Sa’ad bin Abi Waqqosh,


تُستجابُ دعوتُك من بين أصحاب رسول الله - صلى الله عليه وسلم - ؟ فقال : ما رفعتُ إلى فمي لقمةً إلا وأنا عالمٌ من أين مجيئُها ، ومن أين خرجت .

Apa yang membuat do’amu mudah dikabulkan dibanding para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya?” “Saya tidaklah memasukkan satu suapan ke dalam mulutku melainkan saya mengetahui dari manakah datangnya dan dari mana akan keluar,” jawab Sa’ad.


  • Mendapat jaminan kursi di neraka 
 Makanan haram yang masuk ke dalam mulut kita maka setiap kerat daging yang tumbuh daripadanya layak untuk ditempatkan dalam neraka.
 Maka perhatikan  sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.  Dari Abu Bakr Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,:


مَنْ نَبَتَ لَحْمُهُ مِنَ السُّحْتِ فَالنَّارُ أَوْلَى بِهِ

Siapa saja hamba yang dagingnya tumbuh dari (makanan) haram maka Neraka lebih pantas baginya.” (Bagian dari hadits yang dikeluarkan oleh at-Tirmidzi dalam at-Targhiibu wa at-Tarhiib 3/17, awalnya, “Hai Sa’d perbaikilah makananmu niscaya do’amu diterima.”
  • Makanan haram berpengaruh pada akhlak keturunan kita
Begitu banyak kasus seorang anak yang menjadi sumber masalah di lingkungannya atau akhlaknya jelek ternyata setelah ditelusuri orang tuanya mengambil harta yang haram dan membelanjakan hartanya itu untuk keluarganya. Akibat harta haram bisa berpengaruh pada anak kita. Bagaimana bisa seorang anak yang diberi makan dari harta yang haram bisa menjadi anak yang sholeh? Padahal setiap daging yang tumbuh dari harta yang haram maka neraka lebih tepat baginya?

  • Tidak diterima amalan kita
Rasulullah saw bersabda, "Ketahuilah bahwa suapan haram jika masuk ke dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari." (HR At-Thabrani).

  • Sedekah kita akan tertolak
Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa mengumpulkan harta haram, kemudian menyedekahkannya, maka tidak ada pahala, dan dosa untuknya." (HR Ibnu Huzaimah)


  • Solatnya tidak akan diterima
Dalam kitab Sya'bul Imam disebutkan, " Barangsiapa yang membeli pakaian dengan harga sepuluh dirham di antaranya uang haram, maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama pakaian itu dikenakan." (HR Ahmad)
  •  Silaturahimnya ditolak
Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa mendapatkan harta dari dosa, lalu ia dengannya bersilaturahim (menyambung persaudaraan) atau bersedekah, atau membelanjakan (infaq) di jalan Allah, maka Allah menghimpun seluruhnya itu, kemudian Dia melemparkannya ke dalam neraka. Lalu Rasulullah saw bersabda, " Sebaik-baiknya agamamu adalah al-wara' (berhati-hati)." (HR Abu Daud)

    0 komentar:

    Posting Komentar